Kamis, 18 April 2013

Bunga dan Riba

Bunga disini maksudnya tambahan yang dikenakan dalam transaksi pinjam uang yang diperhitungkan dari pokok pinjaman tanpa mempertimbangkan pemanfaatan atau hasil poko tersebut, berdasarkan tempo waktu, perhitungan secara pasti dimuka dan pada umumnya berdasarkan presentase.

Riba adalah tambahan tanpa imbalan yang terjadi karena penanggungan dalam pembayaran yang diperjanjikan sebelumnya.

Jenis-jenis Riba:

  • Riba Fadl,  riba timbul akibat pertukaran barang sejenis yang tidak memenuhi kriteria sama kualitas, kuantitas, dan waktu penyerahannya. Pada perbankan, riba ini dapat ditemukan dalam transaksi jual beli valutasing yang tidak tunai.
  • Riba Nasi'ah, riba duyun yaitu riba yang timbul akibat hutang piutang yang tidak memenuhi kriteria untung muncul bersama resiko dan hasil usaha muncul bersama biaya. Riba ini muncul akibat adanya perubahan atau tambahan antar barang yang diserahkan hari ini dengan barang yang diserahkan kemudian hari.
  • Riba Zahiliyah, hutang yang dibayar melebihi dari pokok pinjaman, karena si peminjam tidak mampu mengembalikan dana pinjaman pada waktu yang telah ditetapkan. Dalam perbankan tradisional Riba ini dapat ditemua dalam pengenaan bunga pada transaksi kartu kredit.

1 komentar:

  1. luckyclub.live: online casino site with cash prizes
    Lucky club is a UK-friendly gambling site. We have the best in games, the most popular slots, and the newest luckyclub.live video games.

    BalasHapus